by

Soal Intimidasi Wartawan Metro, AJI: Pihak Keberatan Tempuh Mekanisme UU Pers

METRO – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandar Lampung memberikan tanggapan ihwal laporan intimidasi terhadap sejumlah jurnalis di Kota Metro. AJI berpendapat, siapa pun tak bisa melarang maupun mengintervensi jurnalis dalam meliput.

“Wartawan bebas menjalankan aktivitas jurnalistiknya karena dijamin UU 40/1999 tentang Pers. Pelarangan maupun intervensi adalah bentuk penghalangan terhadap kerja-kerja jurnalistik,” kata Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho dikutip dari Jejamo.com, Jumat, 19/2/2021.

Dia mengatakan, sebagai bagian dari pers, jurnalis memiliki peran yang sangat spesifik dalam masyarakat. Tugas para jurnalis adalah mempersenjatai publik dengan informasi. Tujuannya, memberdayakan warga negara untuk memperkuat institusi demokrasi dan demokrasi itu sendiri.

“Kami meminta pihak-pihak yang merasa keberatan dengan karya jurnalistik menempuh mekanisme yang diatur dalam UU Pers. Masyarakat bisa mengajukan hak jawab maupun koreksi bila tidak terima dengan sebuah pemberitaan. Bukan dengan mengancam, meneror, melecehkan, apalagi sampai mengintimidasi jurnalis,” ujarnya.

Hendry menambahkan, tujuan jurnalisme adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa mengatur hidupnya secara bebas. Karena itu, penting menjamin kebebasan dan perlindungan jurnalis dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik. Namun, pihaknya juga mengingatkan para jurnalis agar mengedepankan profesionalitas dan etik dalam memenuhi hak publik akan informasi.

Sebelumnya, media memberitakan bahwa wartawan di Kota Metro menerima intimidasi. Tindakan menakut-nakuti itu terkait pemberitaan status Ketua PCNU KH Ali Qomaruddin yang meninggal dunia kemudian dinyatakan positif Covid-19.(*)

Catatan: Artikel ini tayang di Jejamo.com dengan judul “Diminta Tanggapan Terkait Itimidasi Terhadap Wartawan di Metro, Ketua AJI Bandar Lampung: Aktivitas Jurnalis Dijamin Undang-Undang Pers”, 19 Februari 2021.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed