by

AJI Galang Donasi untuk Jurnalis Terdampak Covid-19

BANDAR LAMPUNG — Kasus Covid-19 di Indonesia terus meluas dan sulit diprediksi kapan akan berakhir. Selain tenaga media, jurnalis merupakan profesi yang sangat rentan di masa pandemi ini karena kerap berada di garda depan dalam menjalankan fungsinya memberikan informasi kepada publik dan menjalankan kontrol sosial terhadap pemerintah.

Tak semua jurnalis Indonesia berstatus karyawan, yang ia mendapatkan upah bulanan. Cukup banyak jurnalis yang bukan karyawan, yaitu mereka yang berstatus kontributor, freelance dan semacamnya. Mereka tidak mendapatkan upah bulanan seperti yang berstatus karyawan, tapi sepenuhnya tergantung pada jumlah berita yang dimuat di media.

Di masa pandemi Corona seperti saat ini, cukup banyak jurnalis yang tak memiliki alat perlindungan diri (masker, hand sanitizer dll) yang memadai saat liputan. Ada yang tidak mendapatkan fasilitas tersebut dari perusahaan. Ada juga yang tak memilikinya karena keterbatasan ketiadaan barangnya. Situasi semacam itu tentu sangat membahayakan keselamatannya.

Dengan bekerja di lapangan, jurnalis juga sangat potensial terpapar Corona. Sejak wabah ini berlangsung, sudah ada beberapa laporan soal jurnalis yang diduga terinfeksi karena mewawancarai nara sumber yang belakangan dinyatakan positif Corona. Ada juga yang tak bisa tes dan harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Bagi jurnalis berstatus kontributor, isolasi mandiri –apalagi kalau sampai dirawat di rumah sakit– berarti tak ada penghasilan yang bisa didapatkan.

Untuk mendukung para anggota AJI yang jumlahnya 1.800 tersebar di 38 kota, AJI Indonesia menggalang donasi kepada sesama anggota dan juga publik melalui kegiatan bertajuk #SolidaritasKawanAJI.

Hasil penggalangan dana akan digunakan untuk (1) Pengadaan masker dan hand sanitizer, (2) Bantuan dana untuk jurnalis yang menjalani isolasi mandiri, dirawat karena berstasus ODP, PDP, dan positif Covid-19. Salurkan donasi Anda ke BRI Cab Cut Mutiah No Rek : 230-010-020-153-03 a/n Aliansi Jurnalis Independen.

Untuk pendataan, konfirmasi pengiriman donasi (bukti transfer) bisa dilakukan dengan cara:
1. Mengirim pesan melalui WhatsApp ke nomor 0812-8572-252, atau:
2. Mengirim email ke sekretariat@ajiindonesia.or.id dengan subyek “nama” spasi “#SolidaritasKawanAJI”, atau;
3. Mengisi Google Form

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, nama donatur dan pemanfaatan dana donasi, akan diupdate secara reguler di website AJI www.aji.or.id, di bawah pengumuman ini. Jika ingin mendapatkan informasi tambahan, silakan kontak Abdul Manan 0818-948-316, Revolusi Riza 0813-3089-0467, Hesthi Murti 0878-8883-9543, Minda 0812-8572-252.

Berapapun donasi Anda, sangat berarti bagi jurnalis anggota AJI berstatus kontributor yang terdampak oleh wabah ini.

Jakarta, 10 April 2020

Abdul Manan, Ketua Umum
Revolusi Riza, Sekretaris Jenderal

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed