by

Kasus Pemerkosaan: LBH Dorong Polda Tangkap Anggota P2TP2A Lampung Timur

DIREKTUR LBH Bandar Lampung Chandra Muliawan | Jejamo.com/Andi Apriyadi

BANDAR LAMPUNG – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung mendorong Polda Lampung segera menangkap Dian Ansori, anggota Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Lampung Timur. Dian diduga memerkosa N (14), anak perempuan. Ironisnya, Dian adalah pendamping N yang tengah menjalani pemulihan atas kasus serupa.

“Kami melihat dengan ditetapkannya status tersangka, pihak kepolisian wajib menangkap dan menahan saudara DA sesuai dengan penjelasan Pasal 20 KUHP huruf a: Untuk kepentingan penyidikan, penyidik atau penyidik pembantu atas perintah penyidik berwenang melakukan penahanan,” kata Direktur LBH Bandar Lampung Chandra Muliawan melalui keterangan tertulis, Kamis, 9/7/2020.

Dia mengatakan, penangkapan tersebut agar potensi tersangka untuk melarikan diri dan menghilangkan barang bukti dapat diminimalkan. Penetapan tersangka hanya awal dari upaya untuk membongkar dugaan tindak pidana perdagangan orang.

“Berdasar keterangan penyintas, DA diduga melakukan tindak pidana perdagangan orang. Oleh sebab itu, kami mendesak untuk segera diproses serta diusut sesuai dengan dugaan-dugaan yang ada di dalam perkara hingga perkara ini terang,” ujar Chandra yang juga kuasa hukum N.

Polda Lampung menetapkan Dian sebagai tersangka pemerkosaan. Dian diduga memerkosa N berkali-kali. Selain itu, Dian diduga menjual penyintas kepada orang lain. Saat ini, pihak kepolisian masih mencari keberadaan tersangka.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed