AJI Bandar Lampung

Teken Kerja Sama, FISIP Unila-AJI Bandar Lampung Perkuat Literasi dan Riset Media

Dari kiri ke kanan: Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho, Dekan FISIP Unila Ida Nurhaida, dan Wakil Dekan I Dedy Hermawan saat penandatanganan perjanjian kerja sama di Gedung A FISIP Unila, Bandar Lampung, Jumat, 26/6/2022. Kerja sama selama lima tahun itu mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. | dok. AJI Bandar Lampung

SIARAN PERS

BANDAR LAMPUNG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung (FISIP Unila) meneken perjanjian kerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung di Gedung A FISIP Unila, Jumat, 24/6/2022. Kerja sama tersebut ihwal pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mewajibkan kampus membebaskan mahasiswa untuk mendapat kompetensi tambahan di luar jurusan. Sehingga, perlu menjalin kerja sama dengan pihak lain agar mahasiswa lebih mudah mengembangkan diri,” kata Dekan FISIP Unila Ida Nurhaida.

Ida mengatakan, terdapat beberapa konsep kerja sama yang dapat dilaksanakan. Hal itu terkait penelitian dan pengembangan kapasitas. Misalnya, literasi media dan publisitas, pelatihan peliputan, serta riset soal media. Bahkan, mahasiswa bisa magang di AJI selama enam bulan atau setara 20 SKS.

“Nantinya, mahasiswa dapat lebih mendalami praktik jurnalisme profesional. Jadi, tak mengandalkan teori saja,” ujarnya.

Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho menyatakan, kerja sama tersebut akan memperkuat kerja-kerja AJI. Sebelumnya, AJI beberapa kali melakukan riset yang memotret pemberitaan Covid-19 dan kondisi jurnalis perempuan di Lampung.

“Dengan hadirnya akademisi, harapannya riset tersebut lebih mendalam lagi. Sehingga, dapat menjawab persoalan-persoalan jurnalisme lokal,” kata dia.

Kemudian, lewat kerja sama itu, FISIP-AJI bisa mendorong peningkatan kualitas jurnalisme yang berorientasi pada kepentingan publik. Dorongan dimaksud antara lain merangsang liputan-liputan investigatif. Lalu, bersama-sama mengubah citra buruk wartawan di masyarakat dengan peningkatan kapasitas dan profesionalisme para jurnalis.

Pada kesempatan tersebut, Jurusan Ilmu Komunikasi Unila juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan AJI Bandar Lampung. Turut hadir dalam penandatanganan, di antaranya Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kerja Sama Dedy Hermawan, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Wulan Suciska, dan beberapa dosen. Sedangkan pengurus AJI Bandar Lampung, yakni Dian Wahyu dan Koordinator Bidang Advokasi dan Ketenagakerjaan Derri Nugraha.(*)

Narahubung:

Sekretaris AJI Bandar Lampung

Dian Wahyu (+62 852-7980-7987)

Exit mobile version