oleh

AJI-Forum Asia Gelar Diskusi & Kampanye Revisi UU ITE dan RUU KUHP

-Agenda-17 views

SIARAN PERS

Bandar Lampung – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandar Lampung bersama Forum Asia akan menggelar diskusi dan kampanye revisi Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan RUU KUHP.

Rencananya, acara akan dilaksanakan via Zoom Meeting, Minggu 18 September 2022, pukul 14.00 -16.00 WIB. Kegiatan itu dipandu oleh jurnalis Tribun Lampung Kiki Novilia dengan dua pemantik. Keduanya, Ketua AJI Bandar Lampung Dian Wahyu Kusuma dan Direktur LBH Bandar Lampung Suma Indra Jarwadi.

“Melalui diskusi tersebut diharapkan terbangunnya kesadaran masyarakat, khususnya para jurnalis dan awak media ihwal pentingnya mendorong revisi UU ITE dan penghapusan pasal bermasalah RUU KUHP. Khususnya, pasal-pasal yang mengancam kebebasan berekspresi,” ujar Dian Wahyu, Rabu, 14 September 2022.

Menurutnya, revisi yang dijanjikan oleh pemerintah sejak 2021 lalu hingga kini belum mengalami kemajuan. Surat presiden tentang revisi UU ITE  sudah dilayangkan ke DPR pada 16 Desember 2021 lalu. Tak hanya itu, draf revisi dan Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang diajukan koalisi masyarakat sipil masih mandek di pimpinan DPR.

“Saat rencana revisi UU ITE belum ada kemajuan, pemerintah justru kembali mengajukan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RUU KUHP) untuk segera dibahas di DPR,” katanya.

AJI mencatat setidaknya ada 14 pasal bermasalah yang mengancam kebebasan pers yang dibahas dalam draf RUU KUHP tahun 2019.

Pasal-pasal itu di antaranya mengatur pemidanaan terhadap penyerangan harkat dan martabat Presiden dan Wakil Presiden, penghinaan terhadap pemerintah yang berakibat terjadinya kerusuhan masyarakat, menghina kekuasaan umum atau lembaga negara, menyerang kehormatan atau nama baik orang lain, penyiaran berita bohong, penyiaran kabar yang tidak pasti, dan sebagainya. Pasal pasal itu membuat pekerjaan jurnalis berisiko tinggi karena terlihat dengan mudah untuk dipidanakan.

Terbaru, AJI Bandar Lampung menerima kabar jurnalis Kirka.co Tinus Restanto Eka Putra dilaporkan ke polisi dengan UU ITE terkait pemberitaan pada Rabu, 31 Agustus 2022.

“Maka dari itu, penting untuk menyelenggarakan diskusi tersebut. Sebab, semua bisa kena, termasuk jurnalis, ” ujarnya.

Bagi kawan-kawan jurnalis yang ingin berdiskusi, bisa isi link pendaftaran; https://bit.ly/DaftarDiskusiUUITEdanRUUKUHPAJIFORUMASIA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed